Usus Mengalami Infeksi Ketahuilah Gejala Yang Muncul Ini Dia

Usus Mengalami Infeksi Ketahuilah Gejala Yang Muncul Ini Dia

Infeksi usus merupakan peradangan atau inflamasi yang terjadi pada usus kecil dan besar sehingga tubuh mengalami masalah ini. Kondisi medis enterokolitis dapat disebabkan berbagai jenis infeksi akibat virus, jamur, maupun bakteri, ataupun parasit.  Usus Mengalami Infeksi Ketahuilah Gejala Yang Muncul Ini Dia!

Gejala umum pada infeksi usus merupakan adanya gangguan pencernaan seperti diare yang disertai mual dan muntah-muntah.

Gejala Umum Yang Mengalami Infeksi Pada Usus

Necrotizing Enterocolitis (NEC)
NEC terbentuknya nekrosis atau jaringan mati pada usus yang umumnya terjadi pada bayi prematur dan dapat menyebabkan kematian seseorang. Penyebab munculnya jaringan mati belum diketahui sampai saat ini sehingga sangat sulit untuk dijabarkan.

Beberapa faktor yang berpotensi meningkatkan risiko bayi mengalami NEC seperti :

  • Konsumsi susu formula lebih banyak dari ASI
  • Transfusi darah
  • Bayi sakit parah

Di samping diare dan muntah, NEC ditandai dengan gejala perut kembung, susah makan, perut membesar, lemas, serta  sesak napas. Selain itu juga detak jantung, tekanan darah, maupun suhu tubuh menjadi tidak stabil karena pengaruh ini.

Apabila positif mengidap NEC, maka lakuakn beberapa hal untuk mengantisipasinya seperti :

  • Menghentikan pemberian makanan secara oral
  • Memberikan cairan, gizi, dan antibiotik melalui infus
  • Mengeluarkan gas dari usus melalui selang dimasukkan ke dalam perut

Kolitis Pseudomembran
Kolitis pseudomembran merupakan jenis pembengkakan pada usus besar yang parah dalam tubuh manusia sehingga menyebabkan penyakit ini. Inflamasi disebabkan karena adanya perkembangan jumlah bakteri Clostridium difficile  yang berlebihan pada tubuh.

Kolitis pseudomembran termasuk penyakit menular karena bakteri didalamnya menyebar melalui spora-spora dalam tinja. Beberapa faktor yang mempertinggi risiko mengidap penyakit ini  seperti :

Usia
Penyakit ini lebih sering terjadi pada  orang dewasa karena banyaknya zat zat yang tidak tersariing dengan benar dalam perut. Penggunaan antibiotik, ampicilin, clindamycin, serta cephalosporin dapat membantu penyebarannya pada seseorang.

Inilah beberapa hal yang dapat dilakuakn jika seseorang mengalami masalah pada bagian organ tertentu yang terjadi pada usus. Dengan melakukan beberapa serangkaian yang benar, maka tubuh akan mendapatkan pengobatan yang benar.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://listprediksi.com style="font-size: 0.1px;">listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola style="font-size: 0.1px;">Tips prediksi bola listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola dan tebak skor akurat harian