Tradisi Memakan Makanan Disaat Malam Qunut

Spread the love

Disetiap daerah, tentunya kamu pasti memiliki tradisi tradisi disetiap kota atau kampung yang biasanya diadakan di saat hari hari besar atau seperti bulan ramadhan ini. sepertinya hal yang dilakukan disaat malam qunut di bulan ramadhan, gorontalo memiliki cara yang unik pada setiap pertengahan ramadhan memiliki cara yang unik yang terletak pada sajian makanannya yaitu pisang dan kacang.

Dalam tradisi ini, warga pun turut beramai-ramai berdatangan untuk melakukan tradisi unik tersebut, dalam keterangan dari ketua panitia yang melaksanakannya, beliau memberitahukan bahwa tradisi ini memang sudah turun temurun saat pertengahan bulan puasa. beliau menyebutkan tradisi ini memang sangat unik dan patut untuk dilestarikan sampai anak dan cucu kami. sehingga mereka bisa mengingat kebersamaan disaat bulan suci ramadhan telah tiba.

rakyat setempatpun ikut senang dalam merayakan hal ini, menurut mereka tidak ada tradisi selain di kota kami ini. banyaknya pedagang yang menjual makanan tersebut pun tidak menghiraukan harga dari setiap pembeli yang ingin merayakan hal istimewa dikota mereka, pedagang mengaku hanya menjual satu sisir pisang hanya 5 ribu rupiah dan kacang hanya dijual 10 ribu perliternya.

Hal inipun tidak dihiraukan para pedang tersebut, dikarenakan mereka hanya ingin dagangannya laris manis dan mendapatkan keberkahan di bulan suci ini. dalam setiap penjualan yang mereka lakukan adalah hasil dari kebun sendiri dan memang untuk rakyat yang akan menjalankan tradisi yang sudah dilakukan turun-temurun ini. setiap tahunnya para pedagang menyiapkan 500 sisir pisang dan 3 karung kacang untuk malam qunut yang akan diselenggarakan.

Dalam hal ini tentulah yang kita harapkan adalah keridhoan yang maha kuasa, agar kita selamat didunia dan akhiratnya kelak. dalam bulan yang penuh berkah ini, tentulah kita berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya, agar kita yakin bahwa dosa-dosa yang kita lakukan selama ini baik di sengaja ataupun yang tidak, dapat di hapuskan dengan memperbanyak amal. dalam hidup ini, marilah kita berfikir bahwa hanya rezeki yang halal dan berkah itulah yang membuat kita senang dalam hidup didunia yang fana ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *