Tiongkok tekan Bangladesh dan Myanmar selesaikan krisis Rohingya

Spread the love

Tiongkok tekan Bangladesh dan Myanmar untuk segera mengatasi krisis masalah kaum Rohingya

Tiongkok tekan Bangladesh serta Myanmar merampungkan krisis Rohingya lewat negosiasi bilateral, bukanlah dengan gagasan internasional, hal ini diungkapkan menlunya Wang Yi.

Beliau menyebutkan bila komunitas internasional janganlah memperumit kondisi. Tindakan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) mesti menolong kerja sama bilateral untuk merampungkan problem dengan damai.

China mendukung penyelesaian krisis kaum Rohingya

Wang tiba di Bangladesh pada Sabtu (18/11/2017) untuk lawatan dua hari. Dari sana, dia juga akan ke Myanmar menghadiri Pertemuan Asia-Eropa (ASEM). Dia mengatakan China mensupport penyelesaian krisis dengan damai, bilateral, dengan konsultasi dengan pada Bangladesh serta Myanmar.

Lebih dari 600. 000 etnis Rohingya mengungsi ke Bangladesh mulai sejak Agustus lantas karena operasi militer Myanmar dinegara sisi Rakhine.

Terlebih dulu Wang juga berjumpa Perdana Menteri (PM) Bangladesh Sheikh Hasina di tempat tinggal resmi di Dhaka serta menanggung support China atas krisis Rohingya.

PM Hasina sebut Myanmar mesti membawa kembali warga negaranya menanggung keamanan, keamanan, serta martabat mereka untuk jalan keluar periode panjang pada krisis tersebut.

Baca Juga : Cia-Cia Suku Sulawesi Yang Menjadi Viral Di Korea

Menlu Bangladesh Abul Hassan Mahmood Ali menyebutkan pada Wang kalau Bangladesh berusaha merampungkan gosip itu dengan bilateral serta internasional karna negara itu tidak bisa mengatasi beban menyimpan pengungsi sejumlah itu.

Wang menyebutkan kalau China juga akan menolong merampungkan gosip itu serta akan tidak memihak satu diantara pihak. Dia mengaku beban Bangladesh waktu hadapi gelombang pengungsi Rohingya dari Myanmar.

Satu delegasi Kongres Amerika Serikat (AS) juga berkunjung ke Bangladesh untuk pelajari krisis Rohingya. Menlu Swedia Margot Wallstrom, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk urusan Luar Negeri serta Kebijakan Keamanan Federica Mogherini. Menlu Jerman Sigmar Gabriel, serta Menlu Jepang Taro Kona akan berkunjung ke Bangladesh minggu ini.

Kantor HAM PBB mengatakan, pasukan tentara pemerintah dengan brutal mengusir lebih dari 1/2 juta warga Rohingya dari Rakhine ke Bangladesh. Tentara Myanmar juga membakar tempat tinggal, sawah, serta perkampungan Rohingya untuk menghindar mereka kembali pada tanah kelahiran mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *