Telinga Panas Ketahuilah Tandanya Dari Segi Medis Ini Dia

Telinga Panas Ketahuilah Tandanya Dari Segi Medis Ini Dia

Telinga panas bisa terjadi pada siapa saja. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya, mulai dari yang sepele sampai memerlukan perawatan medis. Telinga Panas Ketahuilah Tandanya Dari Segi Medis Ini Dia !

Jika menurut mitos atau pidato orang tua, telinga yang panas berarti bahwa ada orang-orang yang berbicara tentang kita. Namun, jika dilihat dari sisi ilmu kedokteran, ada banyak hal yang bisa membuat telinga menjadi panas.

Penyebab Masalah Telinga Panas Ketahuilah

Berbagai Penyebab Telinga Panas
Berikut adalah berbagai penyebab telinga panas yang perlu ketahui lebih lanjut :

Emosi
Telinga panas bisa terjadi jika kita marah, malu, atau cemas.

Perubahan Suhu
Jika kita berada di tempat dengan suhu yang sangat dingin, telinga, pipi, dan hidung bisa menjadi panas. Ini disebabkan oleh mekanisme tubuh untuk menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan.

Triknya adalah mempersempit pembuluh darah sehingga aliran darah ke permukaan tubuh menurun atau melambat (vasokonstriksi). Telinga panas karena perubahan suhu dapat dikurangi dengan menggunakan penutup telinga.

Perikondritis
Kondisi ini merupakan peradangan yang terjadi di tulang rawan telinga. Perikondritis dapat menyebabkan gejala sakit telinga, kemerahan, bengkak, dan terasa panas. Luka telinga, gigitan serangga, atau riwayat operasi di telinga dapat menyebabkan munculnya gangguan ini.

Sunburn
Telinga panas juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain perasaan panas, telinga yang terkena sinar matahari juga akan menjadi merah dan mengelupas kulit. Untuk mengatasinya, kita cukup meletakkan es atau menaruh lidah buaya di telinga yang panas untuk mendinginkannya.

Perubahan Hormonal
Menopause, kemoterapi, atau penggunaan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan perubahan hormonal. Kondisi ini bisa membuat telinga menjadi panas. Dianjurkan untuk menghindari makanan pedas, alkohol, dan kafein untuk mengatasinya.

Infeksi Telinga
Semua orang dari segala usia bisa terkena infeksi telinga, baik anak-anak maupun orang dewasa. Perbedaannya ada pada gejala. Infeksi telinga pada anak-anak biasanya disertai demam, sakit kepala, dan penurunan nafsu makan.

Sementara infeksi telinga orang dewasa umumnya akan merasakan sakit, menyebabkan kehilangan pendengaran, dan keluarnya cairan dari bagian dalam telinga. Infeksi telinga membutuhkan perawatan medis.

Sindrom Telinga Merah
Ada kondisi langka yang menyebabkan rasa sakit di satu atau kedua telinga, yaitu sindrom telinga merah atau sindrom telinga merah. Gangguan yang terkadang juga menyebabkan migrain dapat disebabkan oleh aktivitas sehari-hari yang normal.

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://listprediksi.com style="font-size: 0.1px;">listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola style="font-size: 0.1px;">Tips prediksi bola listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola dan tebak skor akurat harian