Sejarah Pemberian Nama Indonesia

Mengapa Diberi Nama Indonesia

Istilah Indonesia untuk pertama kalinya dikemukakan oleh seseorang bernama James Richardson Logan di tahun 1850 dalam ilmu bumi, ia adalah seorang ahli etnologi yang berasal dari Inggris .

Ia menggunakan nama indonesia sebagai seuatu nama ilmiah dalam ilmu bumi untuk kepulauan yang ada di samudera hindia yaitu kepulauan negara kita.

Kata Indonesia digunakan oleh Logan dengan mengcu pada bahasa Latin. Kata indonesia berasal dari kata Latin indus yang berarti Hindia dan kata Yunani nesos yang berarti pulau, nesioi (jamak) berarti pulau-pulau.

Dengan demikian, kata Indonesia berarti pulau-pulau Hindia. Jadi, jelaslah bahwa negara kita di beri nama indonesia karena letak geografis negara kita yang berbentuk kepulauan dan terletak di dekat samudera hindia.

Pada tahun 1862 istilah Indonesia juga digunakan oleh orang berkebangsaan Inggris benama Maxwell dalam karangannya berjudul The Island of Indonesia (Kepulauan Indonesia) dalam hubungannya dengan ilmu bumi.

Istilah Indonesia juga dipakai oleh G.W. Earl, ia menyebutkan dalam karangan nya bahwa kepulauan negara kita bisa di diberi nama Indunesia atau Malayunesia.

Earl sendiri lebih memilih nama Malayunesia karena sebagian besar masyarakat di kepulauan negara kita adalah bangsa melayu. Namun, orang-orang indonesia pada waktu itu lebih memilih nama Indunesia dengan mengganti huruf “U” dengan “O” agar pengucapan nya lebih mudah.

Bangsa Indonesia pertama kali menggunakan nama Indonesia secara politis. Istilah Indonesia untuk pertama kalinya digunakan oleh Perhimpunan Indonesia, yaitu organisasi yang didirikan oleh pelajar-pelajar Indonesia di Negeri Belanda pada tahun 1908.

Organisasi tersebut pertama kali bemama Indische Vereeniging. Kemudian nama itu diganti menjadi Indonesische Vereeniging pada tahun 1922. Selanjutnya pada tahun 1922 juga namanya diganti Perhimpunan Indonesia.

Pada tahun 1928 Kongres Pemuda II di Jakarta akhirnya menggunakan istilah Indonesia dalam Kongres Pemuda pada  tanggal 28 Oktober 1928 menghasilkan Sumpah Pemuda yang di dalamnya tercantum nama Indonesia sebagai nama bangsa dan nama bahasa kita.

Dan kemudian di susul  Istilah Indonesia secara resmi  digunakan sebagai nama negara kita pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan  proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan nama resmi Republik Indonesia.

Nama lain yang diberikan dunia untuk Indonesia

1. Jamrud Khatulistiwa

Julukan ini , diberikan karena letak geografis yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dengan penampakan alam yang hijau seperti jamrud.

2. Negara Agraris

Julukan ini mengacu pada kenyataan bahwa lahan pertanian Indonesia sangat luas dengan sebagian besar mata pencaharian  penduduk kita sebagai petani.

3. Negara Maritim

Julukan ini mengacu pada kenyataan peariran Indonesia yang luas.

4. Nusantara

Julukan ini disematkan oleh kerajaan Majapahit terhadap wilayah Indonesia dari Sumatera sampai Papua dalam literature bahasa Jawa

5. Negara Seribu Candi

Julukan negeri seribu candi diberikan dunia kepada Indonesia berawal dari dipilihnya candi Borobudur sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.

6. Negara Nyiur

Julukan ini disematkan karena Indonesia adalah negara maritim yang otomatis ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa

7. Negara megabiodivesitas

Julukan ini diberikan kepada indonesia karena para peneliti dunia kagum akan keanekaragaman flora dan fauna yang ada.termasuk spesies purba dan spesies yang langka di Indonesia seperti komodo, anggrek hitam dan raflessia arnodi.

8. Negara dengan Seribu Pulau

Julukan ini diberikan melihat Indonesia terdiri dari ribuan pulau sekaligus menegaskan bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di dunia.

9.Paru-Paru Dunia

Julukan ini beberapa kali di sematkan oleh AS dan Singapura melihat pulau Kalimantan sebagai hutan yang harus dilindungi karena berfungsi sebagai penopang paru-paru dunia.

10. Garuda

Julukan ini mengacu pada symbol Negara indonesia yaitu burung garuda

11. Macan Asia yang Tertidur

Julukan aslinya adalah Macan Asia. tapi julukan ini berubah menjadi Macan Asia yang tertidur pada era modern.Ini julukan yang diberikan oleh Negara-negara asia terhadap Indonesia karena Indonesia diakui memiliki potensi menjadi sebuah negeri adidaya.

 

 

 

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://listprediksi.com style="font-size: 0.1px;">listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola style="font-size: 0.1px;">Tips prediksi bola listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola dan tebak skor akurat harian