Polisi China Sematkan Teknologi Pemindaian Wajah di CCTV

Polisi China Sematkan Teknologi Pemindaian Wajah di CCTV

Beritakonyol – Negara dengan penduduk terbanyak di dunia saat ini merupakan negara maju dan merajai sektor teknologi. Tiongkok saat ini sukses menerapkan teknologi pemindaian wajah yang digunakan oleh Polisi China. Dengan berbekal CCTV yang sudah tersebar dibanyak wilayah, kepolisian China berhasil meringkus seorang yang melakukan kejahatan ekonomi.

Pelaku ini bernama Ao dimana ia ditangkap saat bersama istrinya yang menghadirin konser penyanyi Jacky Cheung. CCTV yang sudah disematkan berhasil mengenali wajah Ao dari 60.000 pengunjung saat itu.

Seorang Polisi China membeberkan bahwa Ao sangat terkejut ketika mereka menangkapnya. Ia belum bisa memahami bagaimana cara kerja kepolisian yang sangat cepat mengenalinya diantara begitu banyaknya orang saat itu. Kepada kepolisian Ao mengaku bahwa rela menempuh jarak 90 km dari rumahnya di Zhangshu ke Nanchang dengan istrinya untuk menonton konser Jacky.

Dengan ditangkapnya Ao membuktikan bahwa semakin berkembangnya teknologi pengenalan wajah di Tiongkok. Teknologi ini digunakan untuk melacak pergerakan warga China yang berjumlah 1,4 milliar. 

Bahkan saat ini polisi China sudah dibekali smartglasses dimana kacamata hitam tersebut telah ditanam sistem pengenalan wajah. Dengan kecanggihan ini berharap penegak hukum dapat melacak buronan dan memprediksi segala tindak kriminal. 

Agustus tahun lalu kepolisian China berhasil menangkap 25 tersangka dengan menggunakan sistem pengenalan wajah dilokasi berlangsungnya Qingdao International Beer Festival. Dengan dukungan sekitar 170 juta CCTV yang sudah terpasang ditempat umum serta akan ditambah kembali sekitar 400 juta CCTV dalam tiga tahun kedepan.

Pemerintahan China menjelaskan tujuan proyek ini untuk melacak keberadaan orang-orang dan apa yang warganya lakukan hingga dengan siapa mereka bergaul. Teknologi ini juga bisa menilai perilaku orang ketika berada di publik, seperti merokok ditempat yang dilarang, parkir ilegal, membuat onar dan sebagainya.

Dengan basis data informasi warganya semua tercakup dalam akses bernama Police Cloud diantaranya catatan kriminal, medis, tiket perjalanan, pembelian via online hingga media sosial. Semuanya ini terhubung dalam kartu identitas kependudukan.

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://listprediksi.com style="font-size: 0.1px;">listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola style="font-size: 0.1px;">Tips prediksi bola listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola dan tebak skor akurat harian