Penyuka Kepiting ,Ketahui Spesies Kepiting Unik Yang Ada DiBumi ini

Spread the love

Penyuka Kepiting ,Ketahui Spesies Kepiting Sangat Unik Yang Ada Di Muka Bumi Ini.

Penyuka Kepiting juga harus mengetahui jika banyak jenis kepiting yang terdapat di muka bumi ini, apa saja ya??mari kita simak dalam artikel ini ya, Kepiting merupakan hewani yang terdapat didalam jenis Kustacea berkaki sepuluh dari infraordo Brachyura (ekor pendek), dan mempunyai lebih dari 4500 spesies yang sudah diketahui oleh para peneliti dan sains.

Kepiting adalah hewani yang mampu beradaptasi dengan berbagai macam jenis air, dimana beberapa spesies dari hewani ini selalu dapat ditemukan dan dihidup di air tawar, laut dangkal, air payau, laut dalam, juga didaratan.

Begitupun ada spesies dari kepiting sering sekali nampak sama secara fisik, tetapi ada juga beberapa spesies yang benar – benar kelihatan tidak sama dan mudah juga dikenali dengan teman-teman nya sekalian. Dengan penampilan mereka yang tidak sama, unik, dan membuat kagum (juga aneh), mereka pun menjadi spesies kepiting yang dikenal di tempat peneliti dan para ahli kelautan.
Ini lah Spesies Kepiting Yang Paling Aneh, Unik Dan Membuat Kagum versi anehdimuka bumi.

Kepiting Bertopeng – Corystes Cassivelaunus

 

Image result for Kepiting Bertopeng

Kepiting Bertopeng (Corystes) jenis ini yaitu spesies ukuran kecil dari kepiting penggali karena ia hanya bisa tumbuh dengan ukuran tubuh sekitar 5 centimeter. Kepiting ini bisa sahabat temui di seluruh Atlantik Utara, Laut Utara, dan beberapa bagian di laut Mediterania. Jika sahabat perhatikan baik – baik cangkak atas dari kepiting ini, maka cangkang ini akan terlihat seperti memiliki pola wajah manusia, sehingga kepiting ini disebut dengan Kepiting Topeng oleh para peneliti.

Makanan kepiting ini yaitu cacing polychaete, kerang – kerang kecil, dan ada juga memakan ikan – ikan kecil yang sedang berenang pelan didekatnya. Dan untuk membedakan mana Corystes jantan dan betina, kita bisa melihat dari panjang capit nya. Kepiting jantan memiliki capit yang lebih panjang dari tutup cangkang atasnya, sedangkan betina memiliki capit pendek yang tidak lebih panjang dari tutup cangkang atasnya.

Kepiting Badut Gaudy – Platypodiella Spectabilis

Image result for Kepiting Bertopeng

Juga sama kepiting bertopeng, kepiting Badut Gaudy pun merupakan spesies kepiting yang mempunyai ukuran kecil, juga lebih kecil dari kepiting bertopeng dengan ukurannya yang hanya mencapai sekitar 2,5 centimeter. Kepiting ini mempunyai corak tubuh yang sangat cantik dan menarik, coraknya mirip sekali dengan ikan nemo (ikan badut) yang warna oranye atau merah, hitam, dan kuning yang kelihatan serasi.

Kepiting ini banyak hidup dan dijumpai di terumbu karang berbatu di Teluk Meksiko, Karibia, dan dari Atlantik Timur sampai ke Selatan Brazil. Adapun warnanya yang gampang dilihat, kepiting ini kelihatan sangat mudah untuk dijumpai dan dicari oleh semua pemangsa, mka dari itu kepiting ini sangat sering bersembunyi diantara celah – celah karang dan hanya keluar saat akan mencari makan. Makanan kesukaaan dari kepiting ini adalah Zoantharia yang banyak hidup disekeliling rumah mereka tinggal. begitupun kepiting ini kelihatan lucu dan menggemaskan, terbukti rupanya kepiting ini memiliki racun Palytoxin untuk melawan para predator yang coba menyerangnya dan mengganggunya. Hebat juga ya hewan kecil yang satu ini.

Kepiting Panah – Stenorhynchus Seticornis

Image result for Kepiting Bertopeng

Bentuk dan penampilan dari kepiting yang satu ini sangatlah tidak sama dengan bentuk dari kepiting – kepiting yang sering kita jumpai, juga kepiting di restoran Seafood. Kepiting panah mempunyai tubuh unik seperti bentuk segitiga, kepala yang panjang seperti panah (inilah asal nya dari nama kepiting ini), dan mempunyai kaki panjang seperti kaki laba – laba yang panjang juga bisa mencapai ukuran 10 centimeter, bisa juga tiga kali panjang tubuhnya sendiri. rupanya kepiting ini adalah salah satu jenis kepiting predator yang juga sangat agresif. Dan dia biasa memakan Sabellidae (cacing debu) dan Polychaeta (cacing bulu) dengan begitu cepat dan juga “liar”.

Kepiting Laba – Laba Jepang – Macrocheira Kaempferi

Image result for Kepiting Bertopeng

Jika kita sebelumnya membicarakan tentang kepiting – kepiting unik berbadan kecil, di daftar selanjut nya ini kita akan membicarakan mengenai jenis kepiting terbesar di dunia bernama Kepiting Laba – Laba Jepang. Panjang kaki dari kepiting ini mampu tumbuh mencapai 3,8 meter dan tubuh yang lebarnya bisa mencapai 40 centimeter loh. Meskipun juga kepiting ini mempunyai ukuran yang besar, dan juga ternyata teman temanku sekalian tidak perlu merasa khawatir karena kepiting ini sangatlah lembut dan tidak berbahaya bagi manusia. Kepiting ini yaitu hewan omnivora yang lebih menyukai untuk memakan tumbuhan – tumbuhan laut, hewan – hewan moluska, krustacea lainnya, dan bahkan bisa memakan bangkai hewan yang sudah membusuk.

Kepiting Teddy Bear – Pilumnus Vespertilio

Image result for Kepiting Bertopeng

 

Kepiting Teddy Bear biasanya juga dinamakan dengan kepiting berbulu sebab semuanya tubuh dan kaki kepiting jenis ini ditumbuhi oleh rambut – rambut panjang dan halus berwarna kecoklatan yang disebut dengan “Setae”. Selain membuatnya keliatan unik dan sedikit aneh, ternyata Setae ini juga bertujuan untuk melindungi si kepiting dari incaran predator, bahkan juga ini akan menyamarkan sang kepiting agar terlihat seperti bebatuan atau karang yang ditumbuhi lumut. Setae pun juga mampu untuk “menangkap” partikel kotoran, lumpur, ataupun detritus lainnya yang akan menyempurnakan penyamaran sang kepiting.

Kepiting jenis yang seperti ini banyak dijumpa hidup di Laut Merah, Indo Pasifik, Australia, dan Jepang dengan habitat di terumbu karang dengan intertidal yang rendah, di garis – garis pantai berbatu, dan tempat – tmpat yang dipenuhi Sargassum. Kepiting Teddy Bear ini yaitu kepiting herbivora, manakala mereka sangat suka sekali memakan alga dan tumbuhan laut. Kepiting ini pun adalah salah satu nya kepiting yang sangat subur dan produktif, manakala juga sang betina akan mendapatkan dan menghasilkan 300 – 800 telur dalam sekali perkawinan dan akan terus berkembang biak dan bertumbuh pesat sepanjang bulan Maret sampai dengan Desember.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://listprediksi.com style="font-size: 0.1px;">listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola style="font-size: 0.1px;">Tips prediksi bola listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola dan tebak skor akurat harian