Pengintai AS dihukum 10 tahun oleh pengadilan Iran, Washington marah

Spread the love

Mata-mata AS dihukum penjara oleh pengadilan di Iran

Xiyue Wang, seorang pria berkebangsaan China dan Amerika Serikat dijatuhi hukuman 10 tahun penjara oleh pengadilan di Iran.

Hal ini terjadi dikarenakan beliau dikenakan tuduhan melakukan aktivitas mengintai untuk negeri Paman Sam.

Putusan ini mendapat tanggapan dari Washington, mereka marah dikarenakan menganggap putusan pengadilan  tersebut tidak adil untuk warganya.

Xi yang dikenal sebagai seorang pakar dalam penelitian sejarah di Princeton University termauk salah satu warga Amerika Serikat yang kena tahan di Iran.

Gholamhossein Mohseni-Ejeie, wakil ketua pengadilan Iran mengatakan jika Xi kumpulkan informasi yang langsung di kontrol oleh pihak Amerika Serikat.

Beliau juga menjelaskan jika terdakwa boleh mengajukan banding untuk hukuman tersebut.

Amrik atau Wa5hington melalui kaki tanganya(kementerian luar negeri) melakukan protes dan meminta agar iran segera melepaskan semua warganya yang ditahan.

Salah seorang anggota kementerian luar negeri memberikan keterangan jika Amrik akan menggunakan segala cara untuk membantu warganya yang membutuhkan pertolongan.

Pertolongan yang dimaksudkan ialah memberikan bantuan hukum kepada setiap warga negaranya yang ditahan diluar negeri atau yang diperlakukan secara tidak adil.

Amrik meminta iran agar melepaskan semua tahanan tersebut supaya mereka semua bisa berkumpul kembali dengan bersama keluarganya.

Awal tahun lalu Iran telah menggungkapkan ada sekitar 70 orang warga negara Amrik dan negara eropa lainnya ditahan karena melakukan aktivitas pengintaian di negara mereka.

Dari semua warga luar yang mereka tahan tidak satu pun identitas dari meraka yang diberitahukan kepada publik.

Sebelumnya mantan anggota UNICEF,Baquer Namazi warga ganda Amrik-Iran berusia 80 tahun dan asistennya dijatuhi hukuman 10 tahun penjara karena didakwa menjadi pengintai yang bekerjasama dengan Washongton.

Pihak keluarga memohon kepada presiden Donald Trump agar berunding dengan pemerintahan Iran.ini dikarenakan semenjak ditangkap kesehatan kedua orang tersebut menurun.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *