Partai Komunis China usulkan Xi Jinping jadi Presiden seumur hidup

Spread the love

Partai Komunis China usulkan Xi Jinping berkuasa selamanya di negeri Tirai Bambu

Partai Komunis China usulkan untuk merubah konstitusi supaya Presiden Xi Jinping tetaplah bertugas tanpa ada batas saat atau seumur hidup. Partai yang berkuasa di China itu telah buat saran untuk menghapus klausul konstitusi yang membatasi masa jabatan kepresidenan cuma dua periode.

Mulai sejak menjabat lebih dari lima tahun yang lalu, Xi sudah mengawasi satu guncangan radikal dari Partai Komunis China, termasuk juga menjatuhkan pemimpin puncak yang sempat dipandang tidak tersentuh jadi sisi dari perang melawan korupsi. Perang melawan korupsi sudah buat Xi popular.

Sebagian penduduk China menolak gagasan tersebut

Pengumuman masalah gagasan partai itu dilaporkan kantor berita Xinhua, tempo hari. Saran atau proposal itu sudah di buat oleh Komite Sentral Partai Komunis China, satu tubuh elite yang paling berkuasa di partai itu. Saran itu juga meliputi tempat wapres.

Sesuai sama konstitusi China yang berlaku sekarang ini, Xi, 64, harusnya pensiun jadi presiden sesudah menjabat presiden sepanjang dua periode. Mendekati akhir masa jabatan periode pertamanya, dia juga akan dengan resmi diambil untuk yang ke-2 dalam pertemuan tahunan pembukaan parlemen China pada 5 Maret 2018.

Zhang Lifan, seseorang sejarawan serta komentator politik, menyebutkan kalau berita itu tidak disangka-sangka. Serta susah untuk memprediksi berapakah lama Xi dapat bertahan.

”Secara teori dia dapat melayani lebih lama dari Mugabe, tetapi sebenarnya tak ada yang tahu tentu apa yang juga akan berlangsung, ” kata Zhang, mengacu pada bekas presiden Zimbabwe yang empat dasawarsa berkuasa serta dipaksa lengser bulan November tahun lalu.

Partai Komunis China usulkan Xi Jinping jadi Presiden seumur hidup

Walau media-media pemerintah seperti People’s Daily menyongsong positif saran Partai Komunis China di halaman depan, tetapi umum China merespons demikian sebaliknya di sosial media Weibo.

”Jika dua periode kurang, jadi mereka dapat menulis dalam periode ke-3, tapi memerlukan batasan. Singkirkan, itu tidak baik!, ” catat satu diantara pemakai Weibo.

Reformasi konstitusional yang diusulkan Partai Komunis China itu butuh kesepakatan parlemen. Tetapi, itu tak ada berarti, karna beberapa anggota parlemen juga populer loyalis partai itu.

Xi sekarang ini yaitu Sekretaris Jenderal Partai Komunis China, tapi bukanlah ketua.

”Apakah Xi pada akhirnya jadi Chairman Partai atau cuma tetaplah Sekretaris Partai tidaklah terlalu perlu. Yang perlu yaitu apakah dia memegang kekuasaan, ” kata Zhang Ming, seseorang profesor pengetahuan politik di Kampus Renmin China di Beijing.

”Judul tidaklah terlalu perlu di China seperti di Barat. Yang perlu yaitu apakah Anda yaitu kaisar, ” tambah dia. ”Di China, orang umum telah berasumsi Xi Jinping jadi kaisar. ”

Baca Juga : Lakukan gerakan berikut ini ketika punggung merasa nyeri sewaktu hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://listprediksi.com style="font-size: 0.1px;">listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola style="font-size: 0.1px;">Tips prediksi bola listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola dan tebak skor akurat harian