Panu Pada Tubuh Ketahuilah Pengobatannya Ini Dia

Panu Pada Tubuh Ketahuilah Pengobatannya Ini Dia

Panu adalah penyakit infeksi jamur yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak kecil pada kulit. Warna bintik-bintik bisa lebih ringan atau lebih gelap dari warna kulit aslinya. Panu Pada Tubuh Ketahuilah Pengobatannya Ini Dia !

Dalam beberapa kasus, warna panu bahkan ada yang berwarna pink atau merah nama panu lainnya adalah tinea versicolor atau pityriasis.

Penyebab Panu Pada Tubuh

Jika terkena kulit, bercak pada kulit bisa meningkat atau melebar dari waktu ke waktu. Selain menyebabkan kulit tampak berubah warna, panu juga bisa menyebabkan kulit pasien terasa gatal dan kasar (bersisik).

Bagian tubuh yang paling sering terkena adalah bagian belakang, perut, dada, dan leher yang dengan mudah terserang begitu saja. Panu tidak berbahaya tapi bisa mengganggu penampilan dan menimbulkan ketidaknyamanan akibat gejala gatal. 

Seseorang bisa mengobati panu dengan menggunakan obat antijamur over-the-counter di apotek tanpa resep dokter. Tapi jika perawatan yang dilakukan sendiri di rumah masih belum menghasilkan hasil atau bahkan lebih panu menyebar ke seluruh tubuh.

Selain itu juga disarankan menemui dokter jika pernah terkena panu dan kambuh lagi sehingga mendapatkan perawatan yang benar.

Penyebab Panu
Malassezia adalah jenis jamur yang menyebabkan terbentuknya panu. Pada dasarnya jamur ini tidak berbahaya dan banyak ditemukan pada kulit manusia, terutama pada orang dewasa. Diduga, jamur ini mulai menimbulkan bercak putih pada kulit saat berkembang biak tak terkendali.

Tidak diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan perkembangan jamur Malassezia menjadi tidak terkendali pada beberapa orang.

Tingkat higiene pribadi tidak dipikirkan terkait dengan kemunculan kondisi ini. Namun para ahli menduga ada beberapa faktor pada seseorang yang bisa memicu timbulnya penyakit ini, diantaranya :

  • Memiliki jenis kulit berminyak
  • Tinggal di zona hangat dan lembab
  • Masa remaja atau awal 20-an
  • Sering berkeringat berlebihan
  • Memiliki tingkat kekebalan tubuh yang rendah
  • Mengalami perubahan hormon

Selain krim antijamur, alternatif pengobatan kedua adalah menggunakan sampo anti jamur. Sampel anti jamur menggunakan bahan selenium sulfida dan ketokonazol umumnya tersedia di apotek dan dapat dibeli tanpa memerlukan resep.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://listprediksi.com style="font-size: 0.1px;">listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola style="font-size: 0.1px;">Tips prediksi bola listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola dan tebak skor akurat harian