Pada hari ini akhirnya Korut dan Korsel kembali lakukan perundingan

Spread the love

Pada hari ini 2 Korea duduk satu meja untuk melakukan perundingan

Pada hari ini, 09-01-2018 Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) melakukan perundingan perdana sesudah lebih dari 2 tahun ‘membeku’.

Dua Korea disatukan dari olahraga untuk berunding macammana atlet Korut bisa hadiri Olimpiade Musim Dingin bulan depan di Korsel. Dalam hal ini sebenarnya sempat muncul ada kekhawatiran jika akan terjadi perselisihan.

Perundingan ini tidak lepas dari pengawasan pemimpin dunia

Lepas dari perencanaan, perundingan ini mendapat pengawasan para pemimpin dunia yang inginkan adanya sinyal-sinyal berkurangnya ketegangan di semenanjung Korea.

Karenanya perundingan ini dilaksanakan di saat meningginya kecemasan akan pertumbuhan senjata nuklir Korut. Serta adanya pertentangan resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

Sebelum delegasi menuju ke wilayah demiliterisasi, tampak warga Korsel lambaikan banner yang bertuliskan “Kami berharap keberhasilan perundingan tingkat tinggi antar-Korea”. Satu pria tampak lambaikan bendera dengan foto semenanjung Korea bersatu.

Pada pengumuman pada hari Ahad, semua utusan Korut akan dipimpin oleh juru runding senior Ri Son-gwon. Ri merupakan petinggi Komite Reunifikasi Damai di Korea, sebuah lembaga negara yang mempunyai tanggung jawab atas masalah antar-Korea.

Sementara Korea Selatan juga akan kirim para delegasi  yang akan dipimpin Menteri Unifikasi Korsel Cho Myoung-gyon. Seorang pejabat teras Korsel menyatakan mereka yakin kedua Korea sudah selesaikan pengorganisasian delegasi mereka dengan imbang.

Ri sudah pimpim utusan Korea Utara didalam perundingan militer lintas wilayah sejak tahun 2006. Ri dinilai merupakan orang kepercayaan dari Komite Pusat Partai Buruh Kim Young-chol.

Baca Juga : Kim Jong Un Kirim 5 utusan untuk lakukan perundingan dengan Korsel

Kim Young-cho diduga merupakan otak dari serangan rudal dutahun 2010 kepada kapal Angkatan Laut Korea Selatan yang tewaskan 46 pelaut. Tapi hal ini dibantah pihak Pyongyang.

Korut dan Korsel diketahui sudah setuju buat adakan perundingan di Rumah Perdamaian di Panmunjom, DMZ. Olimpiade Musim Dinginakan dilaksankan di Pyeongchang mulai 9 Februari.

Korsel sangat mengharapkan perundingan ini bisa arahkan pada musyawarah buat perbaiki hubungan kedua Korea. Pyongyang mau musyawarah dengan Korsel atas persetujuan Kim Jong un. Hal ini diungkapkan Kim dalam pidatonya tepat pada malam tehun baru.

Pada pidatonya, Kim secara tegas juga peringati Amerika Serikat agar tidak bermain serta rendahkan Korea Utara.

Kim Jong Un mengatakan jika sekarang Korea Utara telah mempunyai senjata dengan jangkauan jarak yang jauh serta hulu ledak nuklir. Kim Jong Un juga menyampaikan kalau Amerika harus mengetahui jika seluruh tombol picu senjata nuklirnya berada di meja kerjanya.

Konflik yang tercipta diantara Amerika dengan Korut dikenal sangatlah pelik dan sampai saat ini hubungan kedua negara masih terlibat perang dingin.

Terakhir Amerika menjadi dalang yang mengakibatkan Korut kembali diberikan sanksi oleh DK PBB. Hal ini dikarenakan korut kembali melanggar hukum Internasional dengan melakukan uji coba senjata nuklir.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *