Kepala Kepolisian Catalonia diberhentikan setelah deklarasi kemerdekaan

Spread the love

Kepala Kepolisian Catalonia langsung diberhentikan pemerintah Spanyol usai deklarasi kemerdekaan

Kepala kepolisian Catalonia diberhentikan pemerintahan Spanyol serta telah calonkan wakil perdana menteri yang baru buat kendalikan Catalan. Hal ini dilakukan pemerintahan Spanyol untuk mencegah terjadinya Catalonia memisahkan diri dari bagian Spanyol.

Pergantian ini diumunkan oleh Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy yang keluarkan perintah yang beritahukan diberhentikannya Josep Lluís Trapero.

Josep Lluís Trapero dipecat dari jabatannya sebagai pimpinan kepolisian regional Mossos d’Esquadra. Kemudian pimpinan kepolisian Madrid Direktur Jenderal Polisi Catalan, Pere Soler.

Pimpinan kepolisian Catalonia dituduh lakukan aksi provokasi

Josep Lluís Trapero telah dituduh lakukan provokasi atas aksi paksaan jelang referendum kemerdekaan Catalan pada 1 Oktober. Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy tolak kemerdekaan Catalonia yang dilakukan oleh Prtesiden serta para anggota parlemen.

Beliau bubarkan semua keanggotaan parlemen dan segera lakukan pemilihan kembali pada bulan Desember yang akan datang.

Cara ini merupakan bagian dari siasat untuk kuasai pemerintahan pembrontak di Barcelona. Rajoy menugaskan Wakil Perdana Menterinya, Soraya Sáenz de Santamaría buat pimpin pemerintahan catalan.

Baca Juga : Dua wilayah yang dapat berpisah dari pemerintah Spanyol selain Catalan

Beliau edarkan surat internal yang minta pihak kepolisian Mossos agar bersikap netral untuk hadapi masalah ini.  Pandangan tidak berat sebelah dan  diwajibkan untuk junjung tinggi sikap tersebut.

Josep Lluís Trapero juga bicarakan jika dirinya sedih sesudah diberhentikan. Beliau minta anggotanya untuk teruskan pekerjaan seperti yang diinginkan masyarakat Catalan.

 Jenderal Polisi Catalan Pere Soler mengatakan jika pihak kepolisian Catalan sudah mendapatkan perlakuan dengan tidak sepantasnya. Semuanya dinilai sebagai biang masalah sebab kurang siap siaga jelang referendum.

Bahkan pihak kepolisian Mossos dinilai lebih baik dari kepolisian Catalan dalam menangani masalah ini, karena tidak ada warga yang terluka.

Deputi Trapero, Ferrán Lopez, diangkat menjadi pemimpin Catalan serta diatas kendali  Kementerian Dalam Negeri Spanyol.

Referendum kemerdekaan yang dilakukan Catalan akhir-akhir ini buat pemerintahan pusat Spanyol mencak-mencak. Madrid diinformasikan aktifkan artikel 155 pada Undang-Undang Spanyol buat cabut status otonomi Catalan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *