Kadar Gula Darah Meningkat Ketahuilah Penyebab Dan Pencegahanya

Spread the love

Kadar Gula Darah Meningkat Ketahuilah Penyebab Dan Pencegahanya

Gula darah tinggi atau hiperglikemia adalah suatu kondisi di mana tingkat glukosa dalam tubuh meningkat. Kondisi ini umumnya dialami oleh mereka yang menderita diabetes, dan bisa berbahaya jika terjadi terus menerus. Kadar Gula Darah Meningkat Ketahuilah Penyebab Dan Pencegahanya !

Untuk penderita diabetes, kadar gula darah tinggi dapat disebabkan oleh lupa untuk mengambil obat penurun glukosa atau suntikan insulin. Selain itu, stres, infeksi, kurang olahraga, makan terlalu banyak karbohidrat, atau melakukan aktivitas fisik yang berat. 

Gejala Kadar Gula Naik Pada Tubuh Ketahuilah

Ketika kadar insulin rendah bisa menjadi penyebab gula darah tinggi. Meskipun normal untuk penderita diabetes, jangan meremehkan kadar gula darah. Kadar gula darah yang tinggi memungkinkan untuk menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa. Ketoasidosis diabetik (kondisi di mana tubuh tidak dapat mengobati karen gula darah).

Siapa pun dapat mengalami gula darah tinggi, bahkan pada orang yang tidak menderita diabetes sekalipun. Di luar penderita diabetes, kondisi ini dapat terjadi pada mereka yang menderita serangan jantung.

Hati-hati jika mengalami beberapa gejala ini
Peningkatan kadar gula darah pada beberapa orang mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun. Namun, cobalah perhatikan beberapa tanda di bawah ini untuk mencegah gula darah tinggi terjadi tiba-tiba.

  • Penurunan berat badan terjadi, tetapi nafsu makan meningkat
  • Sering merasa haus dan mulut terasa kering
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari
  • Kulit terasa gatal dan terasa kering
  • Mudah merasa mengantuk dan lelah
  • Visi menjadi kabur

Gejala-gejala gula darah tinggi di atas dapat memburuk jika kondisi ini disertai dehidrasi dan tidak segera diobati. Akibatnya penderita bisa menjadi bingung, semakin mudah mengantuk, pusing ketika berdiri, kesulitan bernafas, hingga pingsan.

Cara Mengatasinya
Agar gula darah tinggi tidak berkepanjangan dan kondisi tubuh tidak bertambah buruk, mulailah mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Misalnya mengonsumsi alpukat,  bawang putih, kacang-kacangan walnut, kacang mete, almond, dan ceri.

Berbagai makanan cukup ampuh dalam menurunkan kadar gula darah. Tapi ingat, jangan mencampur berbagai makanan dengan gula atau susu kental manis saat memprosesnya.

Bagi yang menderita diabetes tipe 2 atau pradiabetes juga bisa mengonsumsi campuran air dengan cuka apel sebelum makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://listprediksi.com style="font-size: 0.1px;">listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola style="font-size: 0.1px;">Tips prediksi bola listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola dan tebak skor akurat harian