Indonesia komitmen tetap berikan dukungan kepada Palestina

Spread the love

Indonesia komitmen akan berikan dukungan sepenuhnya kepada Palestina

Indonesia komitmen dan tetap pada pendiriannya untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada Palestina, hal ini diungkapkan langung oleh presiden Jokowi.

Presiden Jokowi tegaskan kedudukan Indonesia didalam sikapi putusan sendiri yang diambil Donald Trump yang akui Yuresalem adalah ibu kota Israel.

Indonesia menyatakan sikap terkait pengakuan Yuresalem

Dalam pernyataannya Jokowi menyebutkan jika masyarakat Indonesia selalu komitmen buat mendukung dan selalu bersama dengan masyarakat Palestina.

Selain itu beliau juga menyatakan rakyat Indonesia akan bersama-sama dengan masyarakat Palestina untuk perjuangkan kemerdekaan dan hak mereka. Seperti yang tertera dalam UUD 1945.

Jokowi menyebutkan pemerintahan Indonesia sekarang ini sudah jalani komunikasi dengan negara OKI (Organisasi Konferensi Islam) untuk respon perkataan Trump. Jokowi minta OKI secepatnya melakukan sidang untuk penyelesaian peristiwa ini.

Baca Juga : Hari ini Trump akan mengumumkan Yerusalem sebagai ibu kota Israel

Jokowi juga minta PBB secepatnya lakukan sidang untuk sikapi pihak AS yang mengakui sendiri masalah tersebut. Jokowi sudah perintahkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi buat panggil dubes Amerika serta sampaikan sikap pemerintahan Indonesia.

Putusan Trump ini berdasarkan pada Undang-Undang yang diresmikan pada rapat pada tahun 1995 yang lalu. Namun selama ini ketika presiden Amerika keluarkan keputusan penangguhan pemindahan kantor dubes untuk hindari semakin buruknya perselisihan di Timteng (Timur Tengah).

Berita terkait berpindahnya kantor dubes Amerika tersebut sudah picu kecemasan di muka bumi ini. Beberapa negara, salah satunya Indonesia lihat cara yang mungkin dipakai pemerintah Trump dapat buat rusak upaya perdamaian antara Israel dengan Palestina yang sudah berjalan lama.

Seluruh sekutu Amerika Serikat (Perancis, Arab Saudi, serta Turki) sudah berikan peringatan serta ungkapkan rasa prihatin mengenai rancangan Trump ini.

Presiden Perancis Emmanuel Macron menyebutkan pergantian status Yerusalem sebelum terjadinya perdamaian akan mempunyai resiko. Masalah ini mengenai langkah perdamaian tersebut dan bertambahnya situasi tegang di lokasi tersebut. Hal ini diungkapkan beliau terhadap Trump melalui sambungan telepon.

Macron juga ingatkan balik kedudukan komunitas internasional selama ini anggap jika perselisihan status Yerusalem mesti terselesaikan dengan perundingan damai Israel dan Palestina.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *