Gangguan Lambung Ketahuilah Gejala Dan Kronisnya

Gangguan Lambung Ketahuilah Gejala Dan Kronisnya

Gejala gastritis kronis adalah gejala gangguan lambung yang terjadi berulang kali dan dalam jangka waktu yang lama. Selain sakit perut di bagian atas, berikut adalah beberapa gejala maag kronis lainnya yang harus diwaspadai, serta komplikasi yang terjadi. Gangguan Lambung Ketahuilah Gejala Dan Kronisnya !

Gastritis kronis atau gastritis kronis adalah gangguan pencernaan akibat peradangan dinding lambung yang muncul perlahan dan berkembang.

Mengalami Gangguan Lambung Ketahui Gejalanya

Umumnya, gastritis kronis disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu atau mengkonsumsi minuman beralkohol untuk jangka waktu. Lama, infeksi, sering stres, menderita penyakit tertentu seperti diabetes dan gagal ginjal, serta gangguan sistem kekebalan tubuh.

Dinding
Gejala gastritis kronis umumnya menyerupai gejala yang terjadi pada dispepsia, gastritis, atau bahkan ulkus peptikum.

Gejala gastritis kronis yang umum termasuk :

  • Nyeri perut di bagian atas
  • Ketidaknyamanan di saluran pencernaan
  • Perut terasa kembung
  • Perasaan penuh atau kembung di perut bagian atas, setelah makan
  • Mual dan muntah
  • Nafsu makan menurun
  • Berat badan turun
  • Komplikasi ulkus kronis

Gejala gastritis kronis umumnya akan membaik dengan pengobatan, tetapi masih perlu dipantau terus menerus. Dan jika tidak ditangani, kondisi ini akan terjadi berulang-ulang selama bertahun-tahun, atau bahkan seumur hidup.

Gejala gastritis kronis yang semakin parah dapat menyebabkan perdarahan dan komplikasi seperti :

Tukak lambung
Terjadinya peradangan atau cedera pada dinding lambung dan duodenum (usus 12 jari). Selain rasa tidak nyaman di perut, penderita bisul akan mengalami sakit hebat di perut.

Gastritis atrofi
Gastritis atrofik terjadi ketika peradangan kronis pada dinding lambung menyebabkan hilangnya lapisan dan kelenjar di dinding lambung. Ulkus kronis yang parah dapat berkembang menjadi gastritis atrofi.

Anemia
Peningkatan iritasi lambung dapat menyebabkan pendarahan kronis di lambung, dan kehilangan banyak darah dapat menyebabkan anemia.

Kekurangan vitamin B12
Gastritis kronik yang berkembang menjadi gastritis atrofi dapat menyebabkan absorpsi vitamin B12 di lambung yang tidak baik.

Kanker
Kanker lambung pada tahap awal sering asimtomatik. Adapun gejala kanker lambung yang harus diwaspadai, antara lain, gangguan pencernaan, kenyang penuh, mulas, mual, kehilangan nafsu makan.

 

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://listprediksi.com style="font-size: 0.1px;">listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola style="font-size: 0.1px;">Tips prediksi bola listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola dan tebak skor akurat harian