Gangguan fungsi hati Ketahuilah Penyebabnya Ini Dia

Gangguan fungsi hati Ketahuilah Penyebabnya Ini Dia

Gangguan fungsi hati dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit hati yang mengancam jiwa. Penyebab umum disfungsi hati adalah infeksi dan paparan bahan kimia beracun. Gangguan fungsi hati Ketahuilah Penyebabnya Ini Dia !

Kenali tanda dan gejala sejak dini, sehingga penyakit ini lebih mudah diobati. Gangguan fungsi hati terjadi ketika organ hati terluka dan kehilangan fungsinya. Sehingga menyebabkan masalah kesehatan di dalam tubuh yang kemudian disebut penyakit hati.

Gangguan Fungsi Hati Ketahuilah Awal Tandanya

Gangguan fungsi hati dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang dapat merusak hati seperti infeksi virus dan parasit, penyalahgunaan alkohol.

Efek samping obat-obatan dan produk herbal, faktor genetik, penyakit autoimun, kanker hati, dan obesitas. Seiring waktu, kerusakan pada hati menyebabkan parut atau sirosis yang dapat menyebabkan gagal hati.

 Adapun tanda dan gejala gangguan fungsi hati yang dapat sadari antara lain :

  • Penyakit kuning
  • Nyeri perut, mual, muntah, dan diare
  • Pembengkakan di sekitar mata, perut, dan kaki
  • Kulit terasa gatal
  • Warna urinnya gelap, dan warna tinja pucat atau keputih-putihan
  • Lelah, letih dan lesu
  • Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan
  • Memar mudah
  • Kebingungan
  • Hilang kesadaran
  • Berdarah

Penanganan Penyakit Akibat Gangguan Fungsi Hati
Mengetahui penyebab disfungsi hati penting untuk menentukan langkah perawatan dan pengobatan. Umumnya, dokter akan menyarankan pasien untuk melakukan serangkaian pemeriksaan termasuk pemeriksaan fisik.

Beberapa gangguan hati dapat diobati dengan program yang termasuk memantau fungsi hati, misalnya dengan memperbaiki gaya hidup. Menghentikan konsumsi alkohol, atau menurunkan berat badan. Gangguan fungsi hati lainnya dapat diobati dengan obat-obatan dan prosedur bedah.

Jika telah menyebabkan gagal hati, maka prosedur transplantasi hati menjadi langkah medis yang bisa diambil.

Cara Mencegah Gangguan Fungsi Hati
Untuk menjaga kesehatan hati dan mencegah gangguan fungsi hati, ada langkah sederhana yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

Batasi konsumsi minuman beralkohol
Karena minuman beralkohol adalah salah satu penyebab umum disfungsi hati, Anda disarankan untuk mengurangi atau berhenti mengonsumsi alkohol.

Terapkan gaya hidup sehat
Dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti berolahraga dan makan diet seimbang untuk menjaga berat badan, guna mengurangi risiko. Juga hindari perilaku berisiko seperti hubungan seks tanpa kondom.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://listprediksi.com style="font-size: 0.1px;">listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola style="font-size: 0.1px;">Tips prediksi bola listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola dan tebak skor akurat harian