Fibroadenoma Pada Tubuh Ketahuilah Gejala Dan Penyebabnya

Spread the love

Fibroadenoma Pada Tubuh Ketahuilah Gejala Dan Penyebabnya

Fibroadenoma atau mammary fibroadenoma (FAM), adalah salah satu jenis tumor jinak yang paling umum di payudara. Fibroadenoma berbentuk bulat dengan batas tegas dan memiliki konsistensi kenyal dengan permukaan yang halus, dan ukurannya membesar selama kehamilan. Fibroadenoma Pada Tubuh Ketahuilah Gejala Dan Penyebabnya !

Tumor jinak biasanya tidak nyeri dan mudah bergeser Fibroadenoma sebagian besar wanita antara 15-35 tahun yang banyak mengalaminya.

Fibroadenoma Berbahaya Pada Tubuh Dan Kesehatan Ketahuilah

Penyebab Fibroadenoma
Hingga saat ini, perkembangan fibroadenoma sering dikaitkan dengan hormon reproduksi. Namun, penyebab kemunculannya belum diketahui secara pasti. Beberapa berpendapat bahwa fibroadenoma adalah respons abnormal wanita terhadap hormon estrogen.

Selain fibroadenoma ada juga beberapa jenis fibroadenoma lainnya, yaitu :

Fibroadenoma juvenil
fibroadenoma paling umum dari wanita berusia 10-18 tahun fibroenoma juvenil dapat diperbesar seiring waktu akan menghilang dan menyusut.

Fibroadenoma hebat
Tipe ini bisa diperbesar hingga ukuran 5 centimeter dan harus dikeluarkan karena bisa mengenai jaringan payudara di sekitarnya.

Tumor Phyllodes
Tipe ini biasanya jinak tetapi bisa juga berubah menjadi ganas dan akan menyarankan tumor ini untuk dikeluarkan.

Gejala Fibroadenoma
Seseorang mungkin memiliki fibroadenoma dipayudara jika merasakan benjolan yang memiliki karakteristik  seperti :

  • Tidak sakit
  • Dibentuk bulat dengan tepi benjolan yang jelas
  • Mudah dipindahkan
  • Konsistensi benjolan terasa kenyal dan padat

Seseorang dapat memiliki lebih dari satu fibroadenoma pada satu payudara atau keduanya. Dianjurkan untuk segera memanggil dokter jika mendeteksi benjolan baru atau perubahan di payudara.

Diagnosis Fibroadenoma
Dokter akan segera melakukan pemeriksaan payudara apakah ada benjolan atau masalah lain di kedua payudara.

Mamografi
Dengan mamografi akan menganalisis gambar fibroadenoma pada jaringan payudara yang diambil menggunakan sinar-X pada tubuh.

USG payudara
Dokter akan menyarankan scan ultrasound untuk pasien di bawah usia 40 tahun. Karena itu, jaringan di payudara pada usia tersebut lebih padat dan membuat hasil tes mamografi sulit untuk dianalisis dokter. Dalam pemeriksaan ini, dokter menganalisis apakah benjolan di payudara padat atau berisi cairan seperti pada kista payudara.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://listprediksi.com style="font-size: 0.1px;">listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola style="font-size: 0.1px;">Tips prediksi bola listprediksi style="font-size: 0.1px;">Prediksi Bola dan tebak skor akurat harian