Bermasalah Dengan Kelenjar Getah Bening Ketahuilah Gejalanya

Spread the love

Bermasalah Dengan Kelenjar Getah Bening Ketahuilah Gejalanya

Seseorang yang mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, terlebih jika hitungan minggu tak kunjung mereda maka periksakanlah diri kedokter. Bermasalah Dengan Kelenjar Getah Bening Ketahuilah Gejalanya !

Kelenjar getah bening adalah jaringan kecil seukuran kacang, yang tersebar diseluruh tubuh yang banyak  seperti di leher, ketiak, maupun selangkangan.

Penyebab Penyakit Getah Bening Dalam Tubuh

Kelenjar getah bening dihubungkan oleh jaringan pembuluh limfe mengalirkan getah bening keseluruh tubuh merupakan cairan antara sel-sel tubuh.

Cairan ini mengalir sepanjang saluran getah bening, disaring di kelenjar getah bening dan akhirnya akan mengalir ke dalam aliran darah.

Getah bening dan kelenjar getah bening merupakan bagian utama dari sistem kekebalan tubuh untuk membantu keseluruhan tubuh beraktifitas. Di dalamnya terdapat sel darah putih (limfosit) dan antibodi yang melindungi tubuh terhadap infeksi.

Kelenjar getah bening seukuran kacang, tidak terlihat dari luar karena pembengkakan kelenjar getah bening, akan terlihat tonjolan dikulit.

Penyebab pembengakakan kelenjar getah bening
Infeksi atau radang tenggorokan, terjadi tonsilitis, yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di leher sehingga harus diperiksakan. Kulit kepala bagian luar dapat membengkak akibat kelenjar getah bening bagian belakang kepala.

Infeksi virus seperti flu, cacar atau demam akan mempengaruhi KGB seluruh tubuh  seperti leher, ketiak, selangkangan ynag berpengaruh. Kanker, limfoma merupakan sel kanker yang pecah dan menyebar kekelenjar getah bening terdekat melalui saluran getah bening.

Sel kanker ini kemudian tumbuh dan berkembang dalam kelenjar getah bening sehingga menimbulkan pembengkakan pada tubuh.

Contoh-contoh kanker seperti :

  • Kanker payudara
  • Kanker tenggorokan
  • Kanker paru-paru dan kanker lambung
  • Kanker sistem limfatik dan darah

Biasanya, kelenjar getah bening bengkak karena kanker, limfoma dan leukemia yang berkembang lambat dari pada  disebabkan infeksi pada tubuh.

Penyebab Lain yang Lebih Jarang
Pada kasus lain, pembengkakan kelenjar getah bening disebabkan oleh reaksi obat-obatan tertentu maupun keadaan lain tubuh. Hal ini seperti penyakit penyimpanan glikogen, sarkoidosis dan arthritis yang dapat menyebabkan dalam tubuh.

Inilah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang gejala masalah kelenjar getah bening yang ditimbulkan pada tubuh.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *