Bangladesh pastikan akan terus membantu warga Rohingya

Spread the love

Bangladesh tetapkan komitmen akan terus bantu meringankan penderitaan warga Rohingya

Bangladesh nyatakan akan tetap berikan bantuan dan dukungan terhadap warga muslim Rohingya yang sudah tinggalkan Myanmar dan mengungsi ke daerahnya. Hal ini diungkapkan langsung oleh Perdana Menteri (PM) Bangladesh, Sheikh Hasina.

 Pemerintah Bangladesh segera mendirikan tempat penampungan untuk warga Rohingya

Hasina menyatakan jika pemerintah tengah rencanakan mendirikan tempat pengungsian mendadak buat warga Rohingya di sebuah daerah. Rencana ini dilakukan dengan pertolongan dari dunia internasional. Beliau juga memuji dengan dukungan semua lembaga dunia internasional, khususnya PBB.

Hasina nyakan kembali jika pengungsian buat warga Muslim Rohingya sifatnya sementara hingga mereka balik kekediaman mereka di Myanmar. Pemerintah setempat akan berupa menolong mereka dalam urusan makanan dan tempat berteduh.

Pada sebuah media massa Hasina menyatakan jika diperlukan, mereka akan makan satu kali dalam sehari dan membagikan sisanya dengan warga muslim Rohingya.

Baca Juga : Militer Myanmar usir paksa warga Rohingya yang tersisa di Rakhine

Hasina menuding Myanmar ciptakan ketegangan di perbatasan kedua negara. Beliau katakan jika dia sudah perintahkan para aparat negara untuk tangani kritis ini dengan berhati-hati.

Sebanyak 500 ribu warga Rohingya sudah berada di Bangladesh dari akhir Agustus. Ketika itu aparat keamanan Myanmar tanggapi serangan militan ARSA dengan aksi keras yang berkepanjangan.

Banyak saksi dan kelompok HAM menyatakan aksi kekerasan tersebut diantaranya pembunuhan dan pembakaran. Sebelumnya sudah bnayak warga Rohingya sudah tinggalkan Myanmar dari tahun 1978.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *